Cara Partisi MicroSD Android Tanpa PC

Partisi MicroSD berfungsi untuk menambah memori internal pada Handphone android yang mana tidak semua smartphone mempunyai penyimpanan internal yang memadai dengan kebutuhan pengguna. MicroSD merupakan media penyimpanan data eksternal yang keberadaannya tidak dapat terpisahkan dari smartphone Android. Memori internal bawaan dari perangkat Android biasanya tidak cukup untuk menyimpan semua data penting dari pengguna Android.
MicroSD sering digunakan pada perangkat portable/mobile lain seperti PDA dan kamera digital. Merk microSD yang saat ini tersedia sudah banyak sekali mulai dari SanDisk, Toshiba dan Panasonic. Selain mempunyai sistem pengamanan yang lebih handal dibandingkan kartu MMC, microSD dapat dengan mudah dibedakan dengan jenis kartu MMC yang biasanya memiliki ukuran lebih besar dan tebal. Anda bisa melakukan partisi pada microSD seperti halnya partisi pada harddisk komputer. Berikut ini akan diulas cara partisi microSD Android tanpa PC dengan bantuan aplikasi Link2SD.

MicroSD Android

Yang perlu diperhatikan sebelum mempartisi microSD:
  1. Minimum sistem operasi yang digunakan adalah Android versi 2.3 (Gingerbread).
  2. Ponsel Android sudah di root ( lihat: cara root android ). Hal ini sangat diperlukan karena nantinya akan dibutuhkan akses SuperUser selama proses partisi.
  3. Kapasitas minimal dari memori eksternal adalah 4 GB. Pastikan juga bahwa memori terbaca oleh ponsel maupun oleh komputer.
  4. BusyBox sudah terpasang atau ter-instal di ponsel Android. Aplikasi ini nantinya akan berfungsi sebagai pembuat repository untuk proses partisi.
  5. Android Partition Aparted ( download via googleplay ) sudah terpasang di memori internal Android. Aplikasi ini berfungsi sebagai alat utama untuk mempartisi microSD Android.
Cara Partisi MicroSD dengan Aplikasi Link2SD
  1. Backup terlebih dulu semua data yang ada pada microSD karena proses partisi akan menghapus semua data pada microSD.
  2. Setelah menginstal semua file yang diperlukan, masuk ke menu Setting => Penyimpanan => Lepaskan MicroSD (unmount).
  3. Buka aplikasi Android Partition Aparted dan pilih opsi "Create" dan tekan pada "+PLUS ". Anda kemudian akan diminta untuk membuat partisi yang pertama. Partisi ini nantinya bisa diakses oleh pengguna sebagai media penyimpanan eksternal. Anda bisa memilih kapasitas ruang sesuai dengan kebutuhan dengan cara menggeser garis warna hijau. Apabila Anda menggunakan kapasitas microSD 4 GB maka buatlah partisi pertama sebesar 2 GB. Pilih jenis format FAT 32 dan kemudian pilih "Apply Changes".
  4. Setelah menyelesaikan partisi yang pertama, Anda masih bisa membuat beberapa partisi pada microSD hingga 4 partisi. Namun pada dasarnya 2 partisi saja sudah cukup untuk kapasitas memori 4 GB. Untuk membuat partisi kedua sebagai memori internal, centang pada kotak dan ganti formatnya menjadi EXT2. Selanjutnya, aplikasi ini akan membuat partisi kedua dan tunggulah sampai proses partisi selesai.
  5. Setelah proses partisi selesai, reboot/restart perangkat Android dan memori microSD Anda pun sudah memiliki 2 partisi.
Demikian ulasan tentang cara partisi microSD Android tanpa PC versi android-apl.com yang bisa dilakukan oleh siapapun dengan mudah. Ikuti terus cara tips dan info seputar android di website kami dan semoga bermanfaat. 

Cara Partisi MicroSD Android Tanpa PC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yoga Wahyu Aji

0 comments:

Posting Komentar